Band Asal Garut, Voice of Baceprot, membuat jejak prestasi membanggakan. Grup ini akan menjadi musisi asal Indonesia pertama yang tampil di festival bergengsi, Festival Glastonbury di Inggris. Kehadiran mereka di acara ini merupakan momen bersejarah, sekaligus merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Inggris.

Dalam unggahan Instagram mereka, Voice of Baceprot mengungkapkan kebanggaan mereka sebagai musisi Indonesia pertama yang akan tampil di Glastonbury Festival. Penampilan mereka akan dilakukan di atas Woodsies Stage setelah festival ini diselenggarakan selama 54 tahun.

“Sebuah kebanggaan tersendiri menjadi musisi Indonesia pertama yang akan tampil di Glastonbury Festival (Woodsies Stage) setelah 54 tahun penyelenggaraannya dan sekaligus bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Kerajaan Inggris,” tulis Instagram resminya.

Para penggemar Voice of Baceprot, yang dikenal dengan sebutan Baladceprot, dapat menyaksikan ketiga anggota grup kesayangan mereka tampil di Woodsies Stage bersama dengan musisi lain seperti Gossip dan Jamie xx. Firda Marsya Kurnia sebagai gitaris dan vokalis, Widi Rahmawati sebagai bassist, dan Euis Siti Aisyah atau Sitti sebagai pemukul drum akan memberikan penampilan spektakuler bagi pengunjung festival.

Glastonbury Festival adalah festival musik dan seni pertunjukan terbesar di dunia yang digelar di Worthy Farm, Pilton-Somerset, Inggris. Festival ini telah menjadi ajang bagi berbagai musisi ternama seperti Avril Lavigne, Dua Lipa, dan Coldplay. Tahun ini, festival akan dilaksanakan pada 26 hingga 30 Juni 2024.

Voice of Baceprot menggambarkan undangan mereka untuk tampil di Glastonbury sebagai sebuah kehormatan besar. Mereka merasa bangga karena karya-karya mereka akan memiliki kesempatan untuk dipersembahkan di hadapan penonton internasional yang hadir dalam festival ini.

Selain prestasi mereka di Glastonbury, Voice of Baceprot juga baru saja menyelesaikan tur sukses mereka di Amerika Serikat dengan rangkaian tur bertajuk “Retas American Tour 2023”. Sebelumnya, mereka juga telah merampungkan tur Eropa yang bertajuk “Supermusic Fight Dream Believe European Tour 2022”. Perjalanan karier mereka yang luar biasa ini membuat nama Voice of Baceprot semakin dikenal secara internasional.

Lagu-lagu mereka yang sarat makna seperti “God, Allow Me (Please) to Play Music” dan “The Enemy of Earth Is You” telah memperoleh pengakuan dari media-media ternama seperti Washington Post dan New York Times. Bahkan musisi internasional seperti Flea dari band Red Hot Chili Peppers dan Tom Morello dari band Rage Against the Machine juga mengakui bakat dan keunikan Voice of Baceprot.

Di moment bersejarah Festival Glastonbury, Voice of Baceprot kembali membuktikan bahwa usia, gender, atau agama bukanlah halangan untuk berkarya dan meraih prestasi dalam dunia musik. [PC01/Tonz/foto:istimewa]