Spotify mengumumkan peluncuran Ramadan Hub yang telah diperbarui. Para pengguna sudah bisa menemukannya ketika mereka masuk aplikasi. “Ramadan Hub akan menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh dan interaktif dengan konten-konten dari artis dan podcaster top Indonesia,” kata Gautam Talwar, Managing Director Spotify APAC pada acara Munggahan Bareng Spotify 15 Maret 2023.

Gautam Talwar mengatakan durasi penggunaan Spotify dari Indonesia cukup meningkat di bulan suci Ramadan. Data internal Spotify menyebutkan, peningkatan sebanyak 41 persen terjadi pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 dalam streaming konten khusus Ramadan. Sebanyak 26 persen dari streaming Ramadan cenderung terjadi pada pukul 15.00-17.00, yaitu pada saat ngabuburit. Gautam juga menyampaikan bahwa tren mendengarkan konten audio di Spotify sesuai dengan budaya setempat.

“Khusus untuk Ramadan, Spotify mengamati bahwa terjadi dua peningkatan jumlah streaming selama bulan suci yaitu pada awal dan akhir bulan Ramadan,” katanya melanjutkan.

Gautam mengatakan timnya mencoba membuat agar para pendengar Spotify mengambil peran yang lebih aktif dalam mencari konten serta membangun hubungan bermakna dengan para artis dan podcaster. “Kami bangga dapat menghadirkan pengalaman Ramadan yang luar biasa ini kepada para pengguna untuk menemani dan melengkapi momen-momen berharga mereka selama bulan suci,” katanya.

Dalam rangka menghadirkan pengalaman Ramadan yang lebih baik, para pendengar dapat menemukan konten baru setiap harinya di Spotify. Konten-konten tersebut akan hadir dalam tema dan format yang beragam, seperti kutipan harian, musik, playlist, dan konten podcast untuk mengisi setiap momen selama bulan Ramadan.

Spotify juga meluncurkan deretan konten eksklusif bersama artis dan podcaster lokal melalui “Spotify Clips” yang menginspirasi pendengar tentang bagaimana mereka merayakan Ramadan di Spotify. Pendengar dapat mendengarkan lagu-lagu dari artis lokal seperti Afgan, Vidi Aldiano, Raissa Anggiani, Nadin Amizah, Hanin Dhiya dan juga podcasters seperti RAPOT, Podcast Ancur, Kita dan Waktu, dan GJLS.[med/Temp/foto: istimewa]