Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menghadirkan Jakarta Film Week. Festival film berskala internasional ini akan diselenggarakan pada 13-16 Oktober 2022. Jakarta Film Week tahun kedua akan mengusung tema “Emerge” yang bakal menghadirkan berbagai program menarik.

Program menarik yang sudah dipersiapkan di Jakarta Film Week tahun ini mulai dari roadshow, road to Jakarta Film Week, program film kompetisi dan non-kompetisi, Jakarta Film Fund, dan program kejutan lainnya. Jakarta Film Week 2022 diharapkan kembali menguatkan industri perfilman setelah terpuruk imbas pandemi Covid-19.

“Pandemi masih ada sampai hari ini, tapi kini kita bisa melihat dengan optimisme baru sebagai tanda akan era baru,” kata Rina Damayanti selaku Festival Director dalam keterangan pers tertulis, Selasa (7/6/2022).

“Jakarta Film Week tahun ini dihadirkan guna menyongsong dan menjelajahi era baru tersebut bersama semua penonton lewat film-film pilihan dari berbagai belahan dunia serta kegiatan bersama beragam pelaku industri dan komunitas film,” lanjutnya.

Program lain yang hadir di Jakarta Film Week adalah Jakarta Film Fund. Jakarta Film Fund merupakan kompetisi ide cerita film pendek untuk pembuat film generasi baru, didukung dengan pendampingan teknis, sumber daya produksi sebesar Rp 50.000.000,-, dan mentoring profesional dari Jakarta Film Week.

Para pembuat film yang ingin bergabung di program kompetisi Jakarta Film Fund sudah dibuka. Sementara untuk pembuat ide cerita panjang bisa mendaftarkan proposalnya ke situs resmi www.jakartafilmweek.com. [kompas.com]