Kesuksesan film Avatar: The Way Of Water masuk ke dalam 15 film terlaris sepanjang masa, mengalahkan film Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2. Seperti yang dilansir screenrant.com, sekuel arahan sutradara James Cameron itu telah melampaui target box office dan banjir pujian untuk terobosan penggunaan motion capture technology. Film tersebut juga diapresiasi atas pesan kebaikan dan mendalam tentang keluarga dan tanggung jawab lingkungan.


Dalam situs hiburan, Variety, malah disebutkan Avatar: The Way Of Water berhasil meraup pendapatan 86,3 juta dolar AS selama akhir pekan tahun baru selama empat hari, Avatar: The Way Of Water telah mengantongi sekitar 1,4 miliar dolar AS secara global. Itu berarti film tersebut telah melewati blockbuster ikonik seperti Black Panther (1,382 miliar dolar AS) dan Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (1,332 miliar dolar AS).

Disebutkan, Avatar: The Way of Water juga sukses menyingkirkan Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 (1,342 miliar dolar AS) dari daftar 15 teratas film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Bagian terbesar dari pendapatan Avatar: The Way Of Water berasal dari pasar internasional, di mana film tersebut hanya meraup 957 juta dolar AS, sementara pasar domestik hanya menyumbang lebih dari 440 juta dolar AS untuk box office film di seluruh dunia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sang sutradara Cameron memperkirakan bahwa dengan anggaran 350 juta dolar AS ditambah 100 juta dolar AS yang dihabiskan untuk promosi, Avatar: The Way Of Water setidaknya perlu menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar AS untuk dianggap sukses.

Avatar: The Way Of Water bertahan dengan sangat baik di akhir pekan ketiga peluncurannya, karena selama itu meraup 66,8 juta dolar AS, dan benar-benar mewakili peningkatan empat persen dari akhir pekan sebelumnya. Itu adalah pendapatan kotor akhir pekan ketiga tertinggi dan keempat dalam sejarah, mengingat bahwa film-film di tempat ketiga (Black Panther) dan kelima (Avengers: Endgame) sama-sama mencapai 700 juta dolar AS di bioskop AS.

Berkat kesuksesan tersebut kabarnya, Cameron tengah mempersiapkan sekuel ketiga dari Avatar. “Saya tidak ingin aktor-aktornya terlihat lebih tua dari karakter yang diperankan sebelumnya, sehingga proses syuting untuk Avatar 3 sudah dimulai,” ungkap Cameron.

Berbeda dengan jeda sebelumnya yang membutuhkan hampir 13 tahun, Avatar 3 direncanakan hadir hanya dua tahun setelah Way Of Water. Cameron telah mengungkapkan bahwa angsuran berikutnya akan mengangkat kisah yang sama sekali baru di dunia Pandora, di mana Jake Sully, Neytiri, dan keturunan mereka akan bersentuhan dengan Fure Na’Vi atau dikenal sebagai Ash People. Sebagian besar pemeran Avatar: The Way Of Water dikabarkan akan kembali untuk Avatar 3, dengan Oona Chaplin dan David Thewlis bergabung sebagai karakter Na’Vi baru dan Michelle Yeoh bergabung dalam peran live-action. [screenrant/variety/pc1/foto:istimewa]