Sebanyak 21 negara akan berpartisipasi dalam Asian Music Games 2023 yang digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 22-24 September 2023.

Negara tersebut diantaranya Thailand, Jepang, Malaysia, Singapura, Bhutan, Vietnam, Srilanka, Vietnam, Brunei Darussalam, India, dan China.

“Kabupaten Jember menjadi tuan rumah Asian Music Games 2023. Tercatat, ada sebanyak 21 negara yang berpartisipasi dengan total 2.033 peserta,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jember Edy Budi Susilo dalam rapat persiapan Asian Music Games di Jember, Senin.

Menurutnya para peserta akan mulai berdatangan pada 18 – 19 September 2023, kemudian peserta akan melaksanakan uji coba lapangan pada 20 – 21 September 2023 dan acara inti akan dilakukan pada 22 – 24 September 2023.

“Dalam hal itu ada banyak potensi Kabupaten Jember yang akan dieksplore. Yang pertama yakni potensi berbagai produk UMKM karena nantinya berbagai produk akan disuguhkan ribuan pelaku UMKM dalam perhelatan bertaraf internasional itu,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan itu akan menjadi ajang setiap pelaku UMKM memperkenalkan produk mereka masing-masing selama sepekan, sehingga dengan begitu perekonomian Kabupaten Jember bisa bergerak.

Selain UMKM, lanjut dia, potensi pariwisata akan dikenalkan kepada para peserta, sehingga pihak tuan rumah Kabupaten Jember akan mengadakan City Tour.

“Dengan begitu, para peserta bisa menikmati perjalanan wisata setelah perlombaan selesai, sebelum mereka kembali ke negara masing-masing, tepatnya kegiatan City Tour akan dilaksanakan pada 25 September 2023,” katanya.

Edy menjelaskan Pemkab Jember siap menyambut dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kompetisi yang baru kali pertama kali digelar di Asia itu, sehingga bisa berkesan terhadap para peserta dari 21 negara tersebut.

“Asian Music Games itu akan memiliki efek ganda bagi Kabupaten Jember yakni pariwisata, UMKM, perhotelan, dan sektor perekonomian akan meningkat,” ujarnya. [KBN Antara/foto:istimewa]